Sabtu, 19 Juni 2021

MEMBUAT APPS MEDIA PLAYER PADA ANDROID STUDIO


v  MEDIA PLAYER

 

Framework multimedia Android menyertakan dukungan untuk memutar berbagai jenis  media umum agar Anda dapat mengintegrasikan audio, video, dan gambar dengan mudah  ke dalam aplikasi Anda. Anda dapat memutar audio atau video dari file media yang  disimpan dalam resource aplikasi (resource mentah), dari file mandiri dalam sistem file,  atau dari streaming data yang masuk melalui koneksi jaringan, semuanya menggunakan  MediaPlayer API. 

Modul ini menunjukkan cara menulis aplikasi pemutar media yang berinteraksi dengan  pengguna dan sistem untuk mendapatkan performa yang baik dan pengalaman pengguna  yang menyenangkan. 

Catatan: Anda hanya dapat memutar data audio ke perangkat output standar. Saat ini,  perangkat tersebut mencakup speaker perangkat seluler atau headset Bluetooth. Anda  tidak dapat memutar file suara dalam audio percakapan saat panggilan sedang  berlangsung.

 

Dasar-dasar 

Class berikut digunakan untuk memutar suara dan video dalam frameworkAndroid:

MediaPlayer Class ini adalah API utama untuk memutar suara dan video.

AudioManager Class ini mengelola sumber audio dan output audio di perangkat.

Deklarasi manifes 

Sebelum mulai mengembangkan aplikasi menggunakan MediaPlayer, pastikan manifes  Anda memiliki deklarasi yang sesuai untuk mengizinkan penggunaan fitur terkait. 

      1. Izin Internet - Jika Anda menggunakan MediaPlayer untuk melakukan streaming konten  berbasis jaringan, aplikasi Anda harus meminta akses jaringan.  

<uses-permission android:name="android.permission.INTERNET" /> 

      2. Izin Penguncian Layar Saat Aktif - Jika aplikasi pemutar Anda mengharuskan layar tetap  menyala atau mengharuskan prosesor tetap bekerja, atau menggunakan metode  MediaPlayer.setScreenOnWhilePlaying() atau MediaPlayer.setWakeMode(),Andaharusmemintaizinini.<uses-permission android:name="android.permission.WAKE_LOCK"/> 

Menggunakan MediaPlayer 

Salah satu komponen terpenting framework media adalah class MediaPlayer. Objek class ini dapat mengambil, mendekode, serta memutar audio dan video dengan sedikit  penyiapan. Class ini mendukung beberapa sumber media yang berbeda, seperti: 

Resource lokal 

URI internal, seperti yang mungkin Anda peroleh dari Content Resolver

URL eksternal (streaming) 

Untuk daftar format media yang didukung Android, lihat halaman Format Media yang  Didukung. Berikut contoh cara memutar audio yang tersedia sebagai resource mentah lokal  (disimpan dalam direktori res/raw/ aplikasi Anda):


Java 

 MediaPlayer mediaPlayer = MediaPlayer.create(context,  R.raw.sound_file_1);   mediaPlayer.start(); // no need to call prepare(); create()  does that for you 

 Dalam hal ini, resource "mentah" adalah file yang tidak akan diuraikan oleh sistem  dengan cara khusus apa pun. Namun, konten resource ini tidak boleh berupa audio  mentah. Konten ini harus berupa file media yang dienkode dan diformat dengan benar  dalam salah satu format yang didukung. 

Berikut adalah cara melakukan pemutaran dari URI yang tersedia secara lokal dalam  sistem (yang diperoleh melalui Content Resolver, misalnya): 

Java 

 Uri myUri = ....; // initialize Uri here  MediaPlayer mediaPlayer = new MediaPlayer(); 

 mediaPlayer.setAudioStreamType(AudioManager.STREAM_MUSIC);  mediaPlayer.setDataSource(getApplicationContext(), myUri);  mediaPlayer.prepare(); mediaPlayer.start(); 

Melakukan pemutaran dari URL jarak jauh melalui streaming HTTP akan terlihat seperti  ini: 


Java 

 String url = "http://........"; // your URL here  MediaPlayer mediaPlayer = new MediaPlayer(); mediaPlayer.setAudioStreamType(AudioManager.STREAM_MUSIC); mediaPlayer.setDataSource(url);  mediaPlayer.prepare(); // might take long! (for buffering, etc)  mediaPlayer.start(); 

  

Catatan: Jika Anda meneruskan URL untuk melakukan streaming file media online, file  tersebut harus dapat didownload secara progresif.

 

Membuat App MusicPlayer Menggunakan API MediaPlayer  

·         Buka IDE Android Studio

·         Siapkan sebuah file suara/musik dengan forma file .mp3 dan file gambar headphone  dengan jenis file .png seperti gambar di bawah ini

·         Buat sebuah direktori/folder engan nama raw di dalam folder ../res/raw dengan cara  klik kanan pada folder res lalu pilih New – Directory seperti gambar di bawah ini

·         Copy file music.mp3 tadi kedalam folder ../raw dengan cara klik kanan pada folder  raw lalu pilih Show in Explore seperti gambar di bawah ini. Setelah itu akan tampil windows explorer lalu Paste di dalam folder raw file music.mp3 tadi


·           Ketikan Script Activity_Main.xml


·          Ketikan Script MainActivity.java

·         Hasil



 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CRUD Database MySQL Pada Android Studio

Apa itu MySQL ·         Pengertian MySQL adalah sebuah DBMS (Database Management System) menggunakan perintah SQL (Structured Query Language...